"TUAN, AKU TIDAK LAYAK MENERIMA TUAN DI DALAM RUMAHKU, KATAKAN SAJA SEPATAH KATA, MAKA HAMBAKU ITU AKAN SEMBUH"


Hari Sabtu Pekan Biasa XIII, 1 Juli 2017
Kej. 18:1-5 ; Mzm. MT Luk 1:46-50,53 ; Mat 8: 5-17



Tetapi jawab perwira itu kepadaNya :”Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh “. (Mat 8:8 )

          Salah satu  pelayanan  Yesus Dalam pewartaan Kerajaan Allah adalah menyembuhkan berbagai macam penyakit fisik. Dalam bacaan Injil hari ini Yesus menyembuhkan hamba seorang perwira di Kapernaum.dan juga menyembuhkan ibu mertua Petrus dan orang orang lain yang terserang berbagai macam penyakit.
          Hal yang menarik dari kisah penyembuhan hamba perwira  Kapernaum  yaitu iman dari perwira. Meski perwira itu bukan seorang Israel yang merupakan bangsa pilihan Allah, ia memiliki iman yang kuat. Hal ini dipuji Yesus, dan Dia berkata, “Sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai  pada seorangpun diantara orang Israel. Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti yang engkau percaya!” Dan pada saat itu sembuhlah hambanya.

          Ungkapan dari perwira,” Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh!” , ini adalah ungkapan seorang yang beriman. Perwira ini menyadari bahwa dirinya tidak layak menerima Yesus, namun ia percaya sungguh sungguh bahwa kata kata Yesus penuh kuasa dan menyembuhkan! Kata kata dari perwira tadi seringkali kita ucapkan setiap hendak menyambut komuni kudus. Apakah kita sungguh menghayati kata kata itu setiap kali kita hendak menyambut komuni sehingga kuasa Tuhan sungguh dialami dan menguatkan iman kita sehingga terjadi penyembuhan?




Oleh: Sr. Katarina, P.Karm

Komentar